Sabtu, 07 Mei 2011

si TAXAN

Taxan adalah salah satu antineoplastic drug yang berasal dari kulit batang tanaman sejenis cemara  pasifik Taxus brevifolia (taxaceae) atau kita lebih mengenalnya dengan nama PACLITAXEL.
Dan semisintesis dari precursor taxan merupakan derivate dari jarum tanaman cemara eropa, Taxus baccata. Dan, kita lebih mengealnya dengan nama DOCETAXEL.


Apa yang istimewa dari golongan TAXAN ??
Tidak  seperti antineoplastic yang lain,taxan tergolong agak ‘rewel’, sehingga membutuhkan perhatian khusus pada cara administasi obat tersebut.  Paclitaxel berupa serbuk putih yang tdak larut dalam air; larut dalam alcohol (USP 29). Sehingga eksipien dari paclitaxel adalah : ethanol, asam sitrat anhydrous, dan macrogolglycerol ricinoleate (polyethoxylated castor oil). 

Adakah yang spesial dari pelarut tersebut??

Macrogolglycerol ricinoleate termasuk senyawa polyethoxylated castor oil yang mampu melepaskan senyawa komponen PVC (polivinylclorida) yaitu DEHP [di-(2-ethylhexyl)phthalate]. Jumlah DEHP yang terlepas akan ekuivalen dengan konsentrasi dan lamanya larutan paclitaxel disimpan dalam wadah tersebut.


Apakah DEHP itu??? DEHP adalah senyawa kimia yang ditambahkan pada ke prosespembuatan plastik dengan tujuan agar lebih flexible/elastic. DEHP berupa cairan yang tidak berwarna/bening, dan no odor (tidak beraroma). DEHP hampir digunakan pada semua produk yang terbuat dari plastic. Akan tetapi, DEHP tidak mudah menguap ataupun larut air,sehingga jumlah DEHP yang release dilingkungan sekitar kita sangat sangat kecil.


Nah,apa yang terjadi jika tubuh kita terpapar DEHP dalam jumlah besar?beberapa penelitian pada tikus (rat) dan mencit (mice) menyebutkan bahwa paparan DEHP dalam jumlah besar dapat meyebabkan gangguan pada fungsi liver, dan sistem reproduksi  (bersifat toxic dan karsinogenik).


Untuk menghindari hal tersebut, maka paclitaxel atatupun docetaxel harus dilarutkan dan disimpan dalam wadah infuse yang terbuat dari bahan non PVC, beberapa pilihan yang bisa dipakai antara lain: wadah infuse dari gelas/botol kaca, polypropylene, atau polyolefin. Dan alat infuse set yang digunakan pun berbeda dari infuse set/blood set pada umumnya.


Pada praktek dilapangan,paclitaxel/docetaxel masih dilarutkan dan disimpan dalam wadah infuse yang  biasanya (bukan gelas kaca) –dan,saya juga belum ngecek tuh wadah dari bahan plastic apa….hehehe…Cuma untuk infuse set kita sudah menggunakan infuse set khusus untuk administrasi/pemberian paclitaxel/docetaxel.

Pustaka : martindale; FDA safety for DEHP; Toxicology environment
(yang erminat dengan FDA safety for DEHP,bisa hubungi saya..isinya lengkap,termasuk pada kadar berapa DEHP dinyatakan aman, dan toxic )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar